TERMITE CONTROL

TERMITE CONTROL

Bagi setiap orang, rumah atau gedung merupakan suatu investasi yang sangat berharga. Untuk memilikinya, sering diperlukan upaya bertahun-tahun. Oleh karena itu, kerusakan sedikit saja pada rumah atau bangunan merupakan kerugian yang sangat berarti baik material, estetika dan etika.

Konstruksi yang kokoh dan bernilai seni adalah salah satu kebanggaan bagi sang pemilik atau penghuninya, akan tetapi semua itu dapat hilang jika telah terinvestasi oleh rayap yang secara fisik tubuhnya sangat kecil.

Rayap secara luas dianggap sebagai hama perusak di banyak rumah atau bisnis di indonesia. Rayap (atau juga dikenal sebagai ‘semut putih’) dapat menyebabkan kerusakan besar pada struktur bangunan jika tidak dikelola atau dikendalikan melalui bantuan pembasmi rayap profesional.

Rayap khususnya rayap tanah merupakan salah satu spesies serangga pemakan kayu yang mempunyai habitat asli adalah di hutan, tepatnya di dalam tanah pada lapisan humus. Makanan rayap adalah semua bahan yang mengandung selulosa, terutama kayu, seperti kayu lapuk dan lapisan humus. Akibat pembukaan hutan menjadi pemukiman serta pengambilan tanah hutan untuk tujuan urug menyebabkan rayap tersebut menjadi salah satu organisme pengganggu (hama) di lingkungan penduduk seperti merusak struktur bangunan yang terbuat dari kayu atau yang mengandung unsur selullosa seperti karpet, lemari, pakaian, karton,kabel dan lain-lain.

“Koloni rayap masuk kedalam bangunan / gedung melalui retakan atau celah beton atau dinding bangunan”

Rayap merupakan serangga sosial yang hidupnya berkoloni artinya terdiri dari beberapa kastayang mempunyai tugas masing-masing dalam mempertahankan koloninya, dan dipimpin olehseekor ratu. Sarang rayap umumnya berada di dalam tanah, namun pada kondisi tertenturayap dapat membentuk sarang di atas permukaan tanah. Berikut ini fakta-fakta tentangperilaku rayap,yaitu :

  • Rayap dapat menyerang hingga lantai 30 suatu bangunan
  • Sarang Rayap dapat mencapai 27 kaki
  • Tingkat kerugian serangan rayap pada pemukiman dan pergudangan mencapai Rp. 2,7Triliun pada tahun 1997 dan pada tahun 2000-an sudah mencapai angka 3 triliun rupiah, diseluruh dunia.
  • Rayap telah ada sejak 500 ribu – 1 juta tahun yang lalu

Di alam bebas, rayap sangat berguna untuk membantu mengurangi nutrisi tumbuhan mati menjadi tanah yang subur. Tetapi, mereka menjadi ancaman serius ketika memasuki tempat tinggal kita. Rayap adalah salah satu hama yang paling sulit untuk dikendalikan. Rayap bisa dapat dikatakan adalah binatang kecil menyerupai semut yang biasanya memakan selulosa kayu seperti panel – panel kayu, parket, kitchen set, lemari, wallpaper, ornament kayu, kertas buku, gypsum sehingga merugikan manusia. Rayap dewasa akan menjadi laron pada awal musim hujan setelah itu mereka melakukan perkawinan, sang betina akan menjadi ratu dan mulai menelurkan rayap prajurit dan pekerja.

error: Content is protected !!
WhatsApp Konsultasi Gratis
%d bloggers like this: